Pemahaman Dasar Mikrotik Khusus Pelajar Pemula

Materi dasar mikrotik lengkap Untuk Pemula – seputar Teori Dasar Mikrotik - Teori dasar Mikrotik diharapkan ketika anda akan mencar ilmu Mikrotik supaya sanggup memahami dengan baik pelajaran dasar mengenai Mikrotik tersebut sendiri. Pada goresan pena sebelumnya sudah dibicarakan perihal Apa tersebut Mikrotik? Pengertian Mikrotik & Penjelasannya. Kali ini anda akan membicarakan mengenai Teori Dasar Mikrotik.

Materi dasar mikrotik lengkap Untuk Pemula  Pemahaman Dasar Mikrotik Khusus Pelajar Pemula

Daftar Teori Dasar Mikrotik : Cara Setting Mikrotik Untuk Pemula

MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk menyerahkan akomodasi untuk pemakainya. Administrasinya sanggup dilakukan melewati Windows Application (WinBox). Selain tersebut instalasi sanggup dilaksanakan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang bakal dijadikan router mikrotik juga tidak membutuhkan resource yang tidak mengecewakan besar guna pemakaian standard, contohnya melulu sebagai gateway. Untuk kebutuhan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) dianjurkan guna mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.

Sejarah MikroTik RouterOS

MikroTik ialah sebuah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, berdampingan dengan Rusia. Pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully ialah seorang berkewarganegaraan Amerika yang berimigrasi ke Latvia. Di Latvia ia bejumpa dengan Arnis, Seorang darjana Fisika dan Mekanik selama tahun 1995.

John dan Arnis mulai me-routing dunia pada tahun 1996 (misi MikroTik ialah me- routing semua dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS-DOS yang digabungkan dengan teknologi Wireless-LAN (WLAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova, negara tetangga Latvia, gres lantas melayani lima pelanggannya di Latvia.

Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (W-ISP), tetapi membuat jadwal router yang handal dan sanggup dijalankan diseluruh dunia. Latvia melulu adalahtempat percobaan John dan Arnis, lantaran ketika ini mereka sudah menolong negara-negara lain tergolong Srilanka yang melayani selama 400 pemakai.

Linux yang kesatu kali dipakai ialah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara tolong-menolong denag proteksi 5-15 orang staff Research and Development (R&D) MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Berdasarkan keterangan dari Arnis, di samping staf di lingkungan MikroTik, mereka pun merekrut tenega-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif menyebarkan MikroTik secara marathon.

Tipe-Tipe Mikrotik Yang Perlu Anda Ketahui

  1. MikroTik RouterOS yang berbentuk aplikasi yang sanggup di-download di www.mikrotik.com. Dapat diinstal pada kompuetr rumahan (PC).
  2. MikroTik RouterBoard yakni BUILT-IN Hardware Mikrotik dalam format perangkat keras yang langsung dikemas dalam board router yang didalamnya telah terinstal MikroTik RouterOS.

Fitur-Fitur Lengkkap Mikrotik

  1. Address List : Pengelompokan IP Address berdasarkan nama
  2. Asynchronous : Mendukung serial PPP dial-in / dial-out, dengan otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, dial on demand, modem pool hingga 128 ports.
  3. Bonding : Mendukung dalam pengkombinasian sejumlah antarmuka ethernet ke dalam 1 pipa pada koneksi cepat.
  4. Data Rate Management : QoS berbasis HTB dengan pemakaian burst, PCQ, RED, SFQ, FIFO queue, CIR, MIR, limit antar peer to peer
  5. Bridge : Mendukung faedah bridge spinning tree, multiple bridge interface, bridging firewalling.
  6. DHCP : Mendukung DHCP tiap antarmuka; DHCP Relay; DHCP Client, multiple network DHCP; static and dynamic DHCP leases.
  7. Firewall dan NAT : Mendukung pemfilteran koneksi peer to peer, source NAT dan destination NAT. Mampu memfilter berdasarkan MAC, IP address, range port, protokol IP, pemilihan pilihan protokol laksana ICMP, TCP Flags dan MSS.
  8. IPSec : Protokol AH dan ESP guna IPSec; MODP Diffie-Hellmann groups 1, 2, 5; MD5 dan algoritma SHA1 hashing; algoritma enkirpsi menggunakan DES, 3DES, AES-128, AES-192, AES-256; Perfect Forwarding Secresy (PFS) MODP groups 1, 2,5
  9. Hotspot : Hotspot gateway dengan otentikasi RADIUS. Mendukung limit data rate, SSL ,HTTPS.
  10. ISDN : menyokong ISDN dial-in/dial-out. Dengan otentikasi PAP, CHAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius. Mendukung 128K bundle, Cisco HDLC, x751, x75ui, x75bui line protokol.
  11. MNDP : MikroTik Discovery Neighbour Protokol, pun mendukung Cisco Discovery Protokol (CDP).
  12. M3P : MikroTik Protokol Paket Packer guna wireless links dan ethernet.
  13. Monitoring / Accounting : Laporan Traffic IP, log, statistik graph yang sanggup diakses melewati HTTP.
  14. NTP : Network Time Protokol guna server dan clients; sinkronisasi menggunakan system GPS.
  15. Poin to Point Tunneling Protocol : PPTP, PPPoE dan L2TP Access Consentrator; protokol otentikasi menggunakan PAP, CHAP, MSCHAPv1, MSCHAPv2; otentikasi dan laporan Radius; enkripsi MPPE; kompresi guna PPoE; limit data rate.
  16. Routing : Routing statik dan dinamik; RIP v1/v2, OSPF v2, BGP v4.
  17. Proxy : Cache guna FTP dan HTTP proxy server, HTTPS proxy; transparent proxy guna DNS dan HTTP; menyokong protokol SOCKS; menyokong parent proxy; static DNS.
  18. Simple Tunnel : Tunnel IPIP dan EoIP (Ethernet over IP).
  19. SDSL : Mendukung Single Line DSL; mode pemutusan jalur koneksi dan jaringan.
  20. SNMP : Simple Network Monitoring Protocol mode susukan read-only.
  21. Tool : Ping, Traceroute; bandwidth test; ping flood; telnet; SSH; packet sniffer; Dinamik DNS update.
  22. Synchronous : V.35, V.24, E1/T1, X21, DS3 (T3) media ttypes; sync-PPP, Cisco HDLC; Frame Relay line protokol; ANSI-617d (ANDI atau annex D) dan Q933a (CCITT atau annex A); Frame Relay jenis LMI.
  23. UPnP : Mendukung antarmuka Universal Plug and Play.
  24. VLAN : Mendukung Virtual LAN IEEE 802.1q guna jaringan ethernet dan wireless; multiple VLAN; VLAN bridging.
  25. VoIP : Mendukung software voice over IP.
  26. VRRP : Mendukung Virtual Router Redudant Protocol.
  27. WinBox : Aplikasi mode GUI guna meremote dan mengkonfigurasi MikroTik RouterOS.
Nah itulah beberapa ulasan yang sanggup kami sampaikan tentang"Pemahaman Dasar Mikrotik Khusus Pelajar Pemula" biar bermammfaat bagi teman semua.Terimakasih juga bagi teman yang telah mendukung situs juga menawarkan Saran dan tambahannya semua biar dengan kritikan dan Kunjungan teman sanggup membuat situs ini bermamfaat dan lebih berkembang lagi untuk kedepannya.

Tag:
pelajar pemula,pengetahuan mikrotik,modul mikrotik dasar,konsep dasar mikrotik,cara setting mikrotik untuk pemula,langkah dasar setting mikrotik,materi dasar mikrotik lengkap,pengertian mikrotik rb951,jelaskan pengertian dari mikrotik router dan winbox

Sumber https://mediatechzip.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel