Apa Benar Iklan Olshop Indonesia Punya Nilai Cpc Yang Rendah?
Apakah Iklan dari Marketplace Indonesia Seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Blibli Mempunyai CPC Rendah?
- Seperti yang kita tahu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai klik sebuah iklan (CPC). Salah satu yang mempengaruhi yaitu negara target.
Jika anda mempunyai pengunjung yang berasal dari Canada, dan mengklik salah satu iklan di website anda, maka penghasilan dari 1 klik iklan dari user tersebut relatif tinggi, bisa lebih dari Rp. 10.000,- per klik. Kenapa bisa Canada punya harga iklan yang lebih tinggi?
Tentunya akan sangat berbeda jikalau yang klik iklan tersebut dari Indonesia. Iklan dari user Indonesia relatif sangat kecil, bahkan bisa kurang dari Rp. 1.000,-/klik. Hal ini tentunya banyak Blogger Indonesia yang memutar otak untuk meningkatkan CPC iklan AdSense.
Salah satu cara yang biasa mereka lakukan untuk menaikan iklan CPC dan meningkatkan CTR yaitu dengan mencoba memblokir beberapa iklan dari marketplace di Indonesia ibarat iklan Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, Blili, Bukalapak, dan lain-lain.
Ada yang bilang bahwa cara ini efektif dan berhasil, dan juga tidak sedikit yang bilang kalau ini belum membuahkan hasil dan bahkan pendapatan harian semakin menurun.Hal tersebut menimbulkan banyak pertanyaan dari beberapa Blogger, apakah benar iklan marketplace punya CPC yang rendah? Saya akan coba membahasnya, mengutip sumber video dari akun resmi Google AdSense.Iklan Tokopedia dan Lazada CPC Rendah?
Alasan turunnya harga iklan dikarenakan robot iklan Google membaca bahwa iklan tersebut punya reputasi yang jelek di kalangan publisher, sehingga tidak bisa bersaing dengan iklan lainnya, dan menimbulkan turunnya harga iklan.Contoh saja, misalkan ada 1000 publisher yang memblokir iklan dari Tokopedia. Robot iklan membaca ternyata banyak publisher yang tidak mengizinkan iklan tokopedia tayang di websitenya, dan menciptakan reputasi iklan tersebut turun.
Selain itu, CPC sebuah iklan tidak melulu dipengaruhi oleh bahan iklan, niche artikel ataupun ukuran iklan. Kadang blog dengan konten asuransi akan menampilkan iklan dari traveloka yang bisa dibilang tidak ada hubungannya.
Menurut video Webinar, yang menjadi faktor utama harga CPC yaitu user itu sendiri. Kebiasaan user yang sudah tercatatan di browsernya akan menjadi faktor penentu iklan apa yang akan ditayangkan pada user tersebut. Bisa dikatakan, harga iklan tergantung dari value user itu sendiri.
Google akan membacanya, dan menampilkan iklan yang cocok. Contoh saja, anda sering browsing mengenai game, kemudian membuka blog berkonten asuransi. Bukan tidak mungkin, iklan di blog asuransi tersebut justru iklan game. Kecuali, blog asuransi tersebut memblokir iklan berbau game.
Jangan Biasakan Memblokir Iklan
Dengan klarifikasi tersebut, memblokir iklan dari marketplace merupakan sebuah kerugian yang besar. Bukan hanya untuk anda, melainkan untuk publisher lain juga.
Kalau difikir dengan seksama, tidak ada ruginya jikalau kita menampilkan iklan dari marketplace, siapa yang tahu bahwa user anda justru akan mengklik iklan dari marketplace yang muncul di blog anda.
Selain itu, dalam dunia iklan digital banyak marketing menyampaikan bahwa, impresi terhadap suatu iklan secara terus menerus akan menciptakan orang semakin ingin tau dan semakin ingin mencari tahu. Sisi psikis pengguna inilah yang kemudian menciptakan para marketing sering memakai metode remarketing dalam menargetkan iklan.
Dengan klarifikasi tersebut, memblokir iklan dari marketplace merupakan sebuah kerugian yang besar. Bukan hanya untuk anda, melainkan untuk publisher lain juga.
Kalau difikir dengan seksama, tidak ada ruginya jikalau kita menampilkan iklan dari marketplace, siapa yang tahu bahwa user anda justru akan mengklik iklan dari marketplace yang muncul di blog anda.
Selain itu, dalam dunia iklan digital banyak marketing menyampaikan bahwa, impresi terhadap suatu iklan secara terus menerus akan menciptakan orang semakin ingin tau dan semakin ingin mencari tahu. Sisi psikis pengguna inilah yang kemudian menciptakan para marketing sering memakai metode remarketing dalam menargetkan iklan.
Jadi, bagaimana bro? Masih "tertarik" dan percaya bahwa blokir iklan marketplace akan menaikan pendapatan AdSense anda?
Semoga Artikel Ini Bermanfaat.
Related
Sumber https://www.merpatih.com/